Home » , , » Cara Install Oracle Xe dan Setting Port

Cara Install Oracle Xe dan Setting Port

Di Ulas oleh papernews > on Wednesday, November 6, 2013 | 10:30 PM

Advertisement
Instal oracle XE setting port

CaraInstall Oracle Xe dan Setting PortSebelum ane Jelasan bagaimana Cara Install Oracle Xe dan Setting Port nya saya akan jelaskan dulu apasich Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merkperangkat keras komputer (platform).

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

postingan kali ini tentang Cara Install Oracle Xe dan Setting Port, baru belajar juga si sekedar ingin berbagi saja… bukan karena tuntutan akademik tapi Karena memang ane pengen kenal, kan kalo gak kenal maka gak sayang…  sebenarnya kalo ente udah sering main di Mysql, udah lancar main Mysql… untuk sintax nya gak beda jauh… kan udah udah ada standar SQL… jadi gak jauh2 beda sama MySQL untuk Oracle ini… Cuma memang ada perbedaan dalam beberapa fiturnya… perbedaannya dimana ?? ya… nanti juga ane bahas apakah dipostingan ini atau dipostingan selanjutnya…. Untuk yang sekarang, ane mau jelasin bagaimana cara instal oracle XE dan konfigurasi portnya.

Ane juga pake Mysql… jadi biar gak bentrok antara oracle dan Mysql nya harus konfigurasi port Oracle nya… :D

Untuk saat ini versi Oracle XE udah sampai versi 11g, tapi ane pake yang 10…. kenapa ? katanya si yang 11g masi tidak setabil J mangaknya ane pake yang 10g. sama aja kok cuman beda versi doank … sebelum menginstal ente pasti perlu software oracle nya kan ?? ente bisa download disitus resminya.. disini … untuk oracle XE ini adalah oracle versi gratisan yang ditujukan untuk pembelajaran… tetapi juga ada limitasinya ente bisa baca pada di situs resminya… untuk spek requimentnya juga tidak terlalu gede.. untuk memery 1 GB juga udah cukup J … selengkapnya ente bisa baca di situs resminya deh.. hehee…

Ok, Saya anggap ente sudah punya programnya dan kita tinggal install saja.. ikuti langkah di bawah ini.


Instal oracle XE
Instal Oracle Express Edition

Instal oracle Express Edition
Instal Oracle Express Edition

Click Next....

Instal oracle Express Edition 10g
Instal Oracle Express Edition

Pilih "I accept..."

Instal oracle Express Edition 11g
Instal Oracle Express Edition

Tentukan Lokasi Instalasi dan klik next.....

Setting password oracle XE
Instal Oracle Express Edition

Isikan Password untuk user tertinggi (System) kalo di Mysql itu "root"

Setting password oracle XE g10
Instal Oracle Express Edition

Click Instal dan tunggu sampai proses penginstalan selesai.....

launch Home page Oracle XE
Instal Oracle Express Edition

Centang "Launch the database home page" dan click finish

Instalasi Oracle g10
Instal Oracle Express Edition

ente bakal di bukakan window ini gan... ente bisa login pake username "system" dan passwordnya seperti yang ente isi saat instalasi tadi :D ... 


kalo udah berhasil menginstal oracle nya… default port oracle nya adalah 8080, sekarang kita coba untuk memindahkannya ke port 8181… untuk port tujuannya sebenarnya ente bisa pake yang lain gak harus port 8181 ….
Pertama masuk ke Sql Command Line

SQL Command Line Oracle
Setting Port Oracle Express Edition

SQL Command Line Oracle
Setting Port Oracle Express Edition

Kemudian login sebagai system dengan kode berikut

  1. connect system  
kalo kode diatas udah ente ketikin trus ente enter, ente bakal diminta masukin password... isikan passwordnya... ingat, biasanya password nya memang tidak ditampilkan jadi langsung ketik aja trus enter... kalo ada tulisan "connected" berarti berhasil login, kalau udah login sekarang ketikan kode berikut : 

  1. begin   
  2. dbms_xdb.sethttpport('8181');   
  3. end;   
  4. /  
trus tekan enter .....
Setting port Oracle XE
Setting Port Oracle Express Edition

Yupzz... sekarang coba ente masuk ke http://localhost:8080/apex

Setting port Oracle XE page not found
Setting Port Oracle Express Edition

Halamannya bakal kosong, kalo masuk ke http://localhost:8181/apex

Setting port Oracle XE page success
Setting Port Oracle Express Edition

Home page nya Oraclenya bakal ada karena udah di pindah kan tadi ke port 8181 :D ...

Hemmb… selesai dah instalasi oracle XE dan konfigurasi port oracle nya…

nah sekarang oracle sudah terinstall selamat belajar, semoga sukses, 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Belajar-it | Belajar Komputer | Teams
Copyright © 2013. Paper News - All Rights Reserved
Create By | Paper News